Hubungi RRI Sabang

Email: rrisabang@gmail.com
SMS : 0823 6556 9474
Telp : 0652-3324888,0652-3324444
HP : 0823 6556 9464

Audio Streaming


Get the Flash Player to see this player.


Dengarkan di WINAMP

Sekapur Sirih

Terbitnya Buku Tulisan Anton Stolwijk, Sejarah Sabang Akan Lebih Dikenal Dunia

Sabang : Mengenang serta mengabadikan peristiwan peperangan Aceh- Belanda pada tahun 1873 silam, salah seorang mahasiswa lulusan Universitas Laiden, Belanda, Anton Stolwijk beserta Nikols, melakukan penelitian ke kota wisata Sabang, khususnya rumah sakit pertama di kota Sabang, peninggalan pemerintahan Belanda pada saat itu, yang kini dikenal dengan rumah sakit J. Lilipori atau rumah sakit TNI AL.

Di sela-sela penelitian yang berlangsung selama satu hari itu, Anton Stolwijk saat diwawancarai RRI, Selasa (05/05/2015) mengatakan, dirinya tergerak untuk menulis buku tentang perang Aceh itu, untuk memberi penjelasan pada warga Belanda bahwa presepsi mereka saat ini bertolak belakang dengan keadaan sesungguhnya, serta Aceh khususnya Sabang, mempunyai kaitan yang sangat erat, yang ditandai dengan adanya rumah sakit yang begitu megah di Sabang.

“Orang Belanda kalau dengar kata Aceh, mereka tidak tau sejarah itu. Mereka tau Aceh perang, itu saja. Mungkin mereka tau banyak orang meninggal disini. Orang tidak tau lain. Pulau weh sabang, tidak terkenal di Belanda," jelasnya.  

Sementara itu, pemandu penelitian dari Sabang Haritage Society (SHS) Trisnaini mengatakan, SHS akan terus memfasilitasi setiap peneliti tentang sejarah sabang, baik menunjukkan bangunan- bangunan, maupun narasumber.

"Dalam hal ini karena bukunya tentang perjuangan Aceh melawan Belanda, kalau di Sabang kaitannya ya rumah sakit jiwa. Jadi, SHS berusaha untuk memfasilitasi mereka," ungkap penulis artikel di buku Sabang lintas sejarah itu.

Ditambahkan Trisnaini, pada perbincangannya bersama Anton Stolwijk, bahwa Anton beserta Nikols sangat senang berada di kota Sabang, terlebih keramahtamahan dari warga sabang yang sangat menghargai pendatang. Ia pun akan mempromosikan Sabang di Belanda dan akan membuktikan bahwa Sabang merupakan tempat yang indah dan aman. Razie/Mj



Categories:

    Request dan Interaksi

    Hai, mau request, kirim salam, kirim puisi, interaksi "hubungi kami di 0652 3324888 / 0823 6556 9474 atau via sms di 0823 6556 9464

    Ikuti dan Dengarkan selalu

    "Hello Sabang"(program bahasa Inggris, setiap hari minngu Pkl. 09.00 - 10 Wib dan "Album Aneuk Naggroe" (program Bahasa Aceh) selasa s.d kamis dan minggu Pkl. 17.00 - 18.00 Wib

    Daftar Crew Sabang

    Hadi Budhi Santoso (Reporter), Razie Arda (Reporter), Mahfud Taheer (Reporter),Jefry A.(Broadcaster), Diah N (Broadcaster), Yana Bahri (Broadcaster),Iren (Broadcaster),, Nadia Ruslan (Broadcaster), Juli Ani (broadcaster), Munjir permana(Technical Support), M.Khoerudin (Umum), verry triyadi (broadcaster/Technical Support), Gunawan (broadcaster)