Hubungi RRI Sabang

Email: rrisabang@gmail.com
SMS : 0823 6556 9474
Telp : 0652-3324888,0652-3324444
HP : 0823 6556 9464

Audio Streaming


Get the Flash Player to see this player.


Dengarkan di WINAMP

Sekapur Sirih

Sabang dilanda Kemarau, Masyarakat diminta tidak bakar lahan di Hutan

Sabang : Musim kemarau yang selama ini sedang melanda di Kota Sabang, berimbas ke berbagai hal, seperti krisis air bersih hingga rawan terhadap terjadinya kebakaran hutan. 

Menurut data prakiraan cuaca yang diterima RRI, Kamis (7/5/2015), dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi Bandar Udara Maimun Saleh Kota Sabang, cuaca pada umumnya berawan, suhu udara mencapai 33 derajat celcius, kelembaban maksimum 95 persen dan arah kecepatan angin bertiup ke arah barat daya dan kecepatannya 6-18 km/jam.

Oleh karna itu, Dinas Kehutanan Kota Sabang menghimbau kepada masyarakat yang sedang membuka lahan agar tidak membakarnya sehingga dapat  menimbulkan kebakaran hutan, apalagi banyak ditemukan rumput ilalang yang mengering.

“kita sudah perintahkan personil yang mengamankan hutan dalam hal ini Polhut, untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat terutama yang berdomisili di wilayah hutan lindung,  agar tidak membakar lahan yang sedang dibuka oleh masyarakat untuk berkebun” kata Kepala Bidang Kehutanan Zikri kepada RRI. Kamis, (7/5/2015).

Ditambahkannya, meskipun sebagian masyarakat sadar akan bahaya membakar lahan di hutan, namun pihak Dinas Kehutanan tidak henti-hentinya untuk menghimbau kepada masyarakat Sabang agar tidak membakar hutan, karna efeknya dapat merambat ke hutan lindung sehingga sulit untuk dikendali.

“kita hanya bisa menghimbau, agar masyarakat yang mempunyai lahan untuk berkebun agar tidak membakarnya, karna selama ini  juga musim kemarau” himbaunya. 

Jika ada masyarakat yang membuka lahan dan tidak termasuk dalam hutan lindung, pihaknya tidak punya wewenanang untuk melarangnya, karna itu kebun mereka, tapi kalau membuka lahan diwilayah hutan lindung maka akan menindak sesuai aturan hukum yang berlaku.

“walaupun kebun mereka, kami minta agar berhati-hati, jika membakar lahan” pintanya. 

Salama ini wilayah yang menjadi rawan kebakaran hutan, di gunung api Jaboi kecamatan Suka Jaya Sabang, meskipun di wilayah tersebut tidak ada pembukaan lahan dari masyarakat, namun dikhawatirkan pengunjung wisatawan yang sering membuang puntung rokok sehingga menyebabkan kebakaran hutan. Mj



Categories:

    Request dan Interaksi

    Hai, mau request, kirim salam, kirim puisi, interaksi "hubungi kami di 0652 3324888 / 0823 6556 9474 atau via sms di 0823 6556 9464

    Ikuti dan Dengarkan selalu

    "Hello Sabang"(program bahasa Inggris, setiap hari minngu Pkl. 09.00 - 10 Wib dan "Album Aneuk Naggroe" (program Bahasa Aceh) selasa s.d kamis dan minggu Pkl. 17.00 - 18.00 Wib

    Daftar Crew Sabang

    Hadi Budhi Santoso (Reporter), Razie Arda (Reporter), Mahfud Taheer (Reporter),Jefry A.(Broadcaster), Diah N (Broadcaster), Yana Bahri (Broadcaster),Iren (Broadcaster),, Nadia Ruslan (Broadcaster), Juli Ani (broadcaster), Munjir permana(Technical Support), M.Khoerudin (Umum), verry triyadi (broadcaster/Technical Support), Gunawan (broadcaster)