Hubungi RRI Sabang

Email: rrisabang@gmail.com
SMS : 0823 6556 9474
Telp : 0652-3324888,0652-3324444
HP : 0823 6556 9464

Audio Streaming


Get the Flash Player to see this player.


Dengarkan di WINAMP

Sekapur Sirih

Hasil cengkeh Pulau Weh masih bisa ditingkatkan

Sabang : Guna Meningkatkan Jumlah Produksi Cengkeh Dinas Pertanian Kota Sabang melakukan sejumlah upaya, diantaranya pemanfaatan kembali Lahan terlantar. 

Pengembangan Tanaman yang pernah menjadi Primadona di tahun 80 an di Sabang ini, kembali mulai menjadi perhatian Dinas terkait untuk dikembangkan. 

Upaya itu direalisasikan dengan mencari bibit andalan lokal yang telah tahan dengan kondisi alam Sabang. pada tahun 2015 pengembangan ini sudah dialokasikan dana yang bersumber dari APBA.

Alokasi Anggaran ini akan bertahap direalisasikan berupa  kegiatan pola pengembangan parsial dimana masyarakat yang memiliki lahan akan dibagikan bibit cengkeh, dengan syarat penerima bibit akan memanfaatkan dengan benar sehingga dapat menopang kehidupan ekonomi, sementara sumber dana  melalui APBK akan di bagikan sekitar 30 Ribu bibit yang akan di bagikan kepada masyarakat.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan Kota Sabang Syarbaini. Lebih lanjut di tambahkan pengembangan lahan tanaman cengkeh ini bukan membuka lahan baru namun memberdayakan kembali lahan terlantar, terutama lahan cengkeh yang pernah mati.

"Tahun 2015 cengkeh ada beberapa sumber dari apba berupa kegiatan yang sifatnya pola pengembangan secara parsial, artinya (bibit :red) cengkeh ini akan diberikan untuk mengurangi lahan-lahan terlantar, siapa saja yang punya lahan akan kita berikan dengan catatan akan dimanfaatkan dengan benar sehingga akan menopang kehidupannya," ungkapnya Kamis (7/5/2015).

Ia menekankan di Sabang tidak ada pembukaan lahan baru karena hampir seluruhnya hutan di Sabang merupakan hutan lindung, dan masyarakat dihimbau tidak melakukan perluasan lahan yang merusak area tersebut.

"kita akan kembangkan tanaman yang baru, pada lahan bekas lahan cengkeh yang sudah tidak produktif, dan cara intensifikasi, kita menambah input tehnologi, sehingga dengan luasan area yang sama dapat  meningkatkan produksi" tuturnya. 

Di jelaskan selain mengurangi lahan terlantar dan meningkatkan kembali produksi, program ini juga diharapakan dapat meningkatakan taraf ekonomi masyarakat dan mengurangi pengangguran. 

Disinggung mengenai mutu proses produksi yang mempengaruhi kwalitas, syarbaini mengaui pihaknya sudah mengajukan alat Penyulingan kepada Kementerian terkait dan diharapkan tahun 2016 alat ini dapat dimanfaatkan petani di Sabang.

Saat ini petani cengkeh sudah diberi penyuluhan agar ketika menjemur jangan dilakukan di tempat yang tidak dilalui kendaraan dan tidak terlalu banyak kadar air, karena akan mempengaruhi kualitas. Mahfud/Mj


Categories:

    Request dan Interaksi

    Hai, mau request, kirim salam, kirim puisi, interaksi "hubungi kami di 0652 3324888 / 0823 6556 9474 atau via sms di 0823 6556 9464

    Ikuti dan Dengarkan selalu

    "Hello Sabang"(program bahasa Inggris, setiap hari minngu Pkl. 09.00 - 10 Wib dan "Album Aneuk Naggroe" (program Bahasa Aceh) selasa s.d kamis dan minggu Pkl. 17.00 - 18.00 Wib

    Daftar Crew Sabang

    Hadi Budhi Santoso (Reporter), Razie Arda (Reporter), Mahfud Taheer (Reporter),Jefry A.(Broadcaster), Diah N (Broadcaster), Yana Bahri (Broadcaster),Iren (Broadcaster),, Nadia Ruslan (Broadcaster), Juli Ani (broadcaster), Munjir permana(Technical Support), M.Khoerudin (Umum), verry triyadi (broadcaster/Technical Support), Gunawan (broadcaster)