Hubungi RRI Sabang

Email: rrisabang@gmail.com
SMS : 0823 6556 9474
Telp : 0652-3324888,0652-3324444
HP : 0823 6556 9464

Audio Streaming


Get the Flash Player to see this player.


Dengarkan di WINAMP

Sekapur Sirih

Pendidikan Lingkungan Harus Intensif Dilaksanakan di Sekolah

Sabang : Pendidikan Lingkungan ke Sekolah diharapkan lebih intens di laksanakan agar anak didik dapat lebih memahami, mencintai dan mempertahankan keanekaragaman sumberdaya yang dimiliki Pulau Weh. Koordinatoor Wildlife Conservation Society (WCS) Kota Sabang Ahmad Mukminin mengatakan. pengenalan pentingnya sumber daya terutama di wilayah konservasi. 

Diakuinya, selama ini untuk tingkat masyarakat umum sudah cukup paham dengan antisipasi pengrusakan lingkungan, terutama kawasan yang dilindungi. Namun demikian kedepan perlu dilakukan kegiatan rutin ke sekolah-sekolah dengan materi penyadaran pentingnya menjaga lingkungan. 

"Sangat diperlukan pendidikan lingkungan di sekolah terutama di SD dan SMP. Kedepan perlu dilakukan kegiatan rutin, bagaimana hubungan manusia dengan lingkungan, dengan mengenal mereka akan mencintai sumber daya yang mereka miliki," ungkapnya kepada RRI, Sabtu (02/05/2015).

Ia menyarankan kunjungan ke sekolah-sekolah (school visit) dan diisi dengan diskusi-diskusi, pemutaran film dan kunjungan lapangan.

Selain materi, kunjungan lapangan juga sangat penting. Hal ini bisa dilakukan dengan para pemerhati lingkungan, dinas terkait dan Organisasi Lingkungan setempat.

Sebenarnya, lanjut Ahmad, pihaknya sudah pernah meluncurkan buku pendidikan lingkungan tingkat SMP, namun belum maksimal karena tidak adanya pendampingan untuk mengawasi apakah materi sudah di sampaikan kepada sekolah. 

"Harapannya dengan penyusunan buku itu, para guru yang menyusun buku ini dilatih dengan harapan menjadi ujung tombak untuk menyampaikan materi ini menjadi bagian yang terintegrasi dari kurikulum, karena memang buku itu menyesuaikan dengan kurikulum 2013," tuturnya. 

Selain itu ia menyarankan dalam kurikulum juga dapat disisipkan ke mata pelajaran yang relevan tentang pemahaman perlindungan lingkungan. Hal ini sudah pernah dilakukan seperti di Kkurikulum 2013, namun belakangan Kurikulum ini dibekukan. 
  
Sabang sendiri memiliki 2 kawasan konservasi yakni Taman Wisata laut perairan Iboih di kelola Badan Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA), dan kawasan Konservasi perairan pesisir timur pulau Weh Kota Sabang yang meliputi dari Pantai kasih sampai Ujung Sekee di Wilayah Anoi itam.

Dua lokasi ini menjadi kawasan konservasi karena memiliki tingkat keaneka ragaman hayati yang tinggi dan ketersediaan biomassa ikan karang yang cukup banyak serta keindahan terumbu karangnya. Mahfud/Mj

Categories:

    Request dan Interaksi

    Hai, mau request, kirim salam, kirim puisi, interaksi "hubungi kami di 0652 3324888 / 0823 6556 9474 atau via sms di 0823 6556 9464

    Ikuti dan Dengarkan selalu

    "Hello Sabang"(program bahasa Inggris, setiap hari minngu Pkl. 09.00 - 10 Wib dan "Album Aneuk Naggroe" (program Bahasa Aceh) selasa s.d kamis dan minggu Pkl. 17.00 - 18.00 Wib

    Daftar Crew Sabang

    Hadi Budhi Santoso (Reporter), Razie Arda (Reporter), Mahfud Taheer (Reporter),Jefry A.(Broadcaster), Diah N (Broadcaster), Yana Bahri (Broadcaster),Iren (Broadcaster),, Nadia Ruslan (Broadcaster), Juli Ani (broadcaster), Munjir permana(Technical Support), M.Khoerudin (Umum), verry triyadi (broadcaster/Technical Support), Gunawan (broadcaster)